Sukacita di Tengah Ujian
Kalangan Sendiri

Sukacita di Tengah Ujian

Lori Official Writer
      2269

Ayat Renungan: 

Roma 5: 3-4, “Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.”

Kejadian 50: 20, “Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.” 

 

Beberapa hari yang lalu kita sudah belajar dari kisah Yusuf yang dijual oleh saudara-saudaranya sebagai budak namun akhirnya dia justru menjadi orang kedua yang dihormati di Mesir. 

Bertahun-tahun setelah itu, Yusuf mengkonfrontasi saudara-saudaranya dan berkata, “Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.” (Kejadian 50: 20)

Kita menyebutnya penderitaan untuk tujuan penebusan, dimana penderitaan yang kita lalui bertujuan untuk kepentingan orang lain. Hal ini yang dilakukan Kristus untuk kita! Ketika Dia mati di kayu Salib, Dia tidak melakukannya untuk membayar dosa-dosa-Nya. Tetapi Dia membayarnya untuk dosa kita.

Tuhan akan mengambil yang pahit dari hidup kita dan menjadikannya baik untuk hidup orang lain. Dia adalah Tuhan yang mahir mengubah sesuatu yang buruk menjadi kebaikan. Di dalam Roma 5: 3-4 dikatakan, “Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.”

Saat kita mengetahui bahwa “kesengsaraan kita akan mendatangkan kebaikan”, maka sukacita kita tak akan hilang ketika melaluinya. Mari mempercayai Tuhan bahwa di dalam segala sesuatu Dia sedang mengerjakan sesuatu yang baik untuk membentuk karakter kita, membangun kapasitas kita dan menguatkan iman kita.

 

Action: Bagikan pengalaman pribadimu tentang bagaimana Tuhan telah bekerja dalam penderitaanmu kepada orang lain yang kamu temui atau mereka yang sedang melalui masa-masa sulit saat ini. Kuatkan mereka dengan ayat renungan dalam Roma 5: 3-4.

Ayat Hafalan: Roma 8: 28, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Ikuti Kami